[email protected]

Senin - Jumat : 07:00 - 14:00
021 7200456
08788 57577 29

Kecerdasan majemuk

Ada 8 tipe kecerdasan yang ada pada masing-masing kita, yaitu ; linguistik, matematika - logika, spasial, musik, kinestetik, interpersonal, intrapersonal dan naturalis.


Jika kita melihat anak yang suka menyanyi atau mendengarkan musik, tapi kurang begitu bagus dalam membaca, mungkin kita bisa mengenalkannya musik dipadu dengan membaca untuk memakai talenta musik, sambil membantu kelemahannya. Membaca lirik dari lagu favorit sambil menyanyi mungkin bisa jadi kuncinya untuk membantu anak yang kesulitan membaca.


Untuk anak yang suka berinteraksi dengan orang lain (terkadang terlihat seperti berbicara dan tidak menyelesaikan kerjaan / membuat yang lain tidak berkerja), kita harus membantu anak untuk belajar mengalihkan kelebihan lainnya selain kecerdasan interpersonal untuk mengembangkan ketekunan, semangat, kontrol dan tujuan.


Anak yang mempunyai bakat dengan binatang mungkin bisa menjadi ahli hewan dan bisa memberi presentasi ke semua kelas dan komunitas lainnya, atau mungkin juga bisa jadi dokter atau pengamat binatang.
Mungkin anak yang suka menari tapi tidak terlalu baik di sejarah, bisa menunjukan tentang detail dan kerumutan tari daerah, yang tanpa dipaksa akan terserap sejarah tarian tersebut.


Anak yang berbakat atletik sepak bola tapi kesulitan dengan membaca, bisa dibimbing  untuk membaca dan menulis tentang semua hal yang berkaitan dengan sepak bola.
Dengan menggunakan ide dari kecerdasan mejemuk langsung dengan konsep membantu kelemahan dengan kelebihan bisa memberikan sesuatu untuk membantu masing-masing anak untuk mengembangkan kelebihan yang unik mencampurkan kelebihan-kelebihan yang ada dan mengolah kekurangan-kekurangan yang ada.

Komentar

To Top ↑