[email protected]

Senin - Jumat : 07:00 - 14:00
021 7200456
08788 57577 29

5 Langkah untuk menyelesaikan masalah anak-anak

Mereka harus menggunakan kata-kata mereka untuk menyelesaikan masalah yang ada. Tidak boleh ada yang memukul, menggigit, menendang atau pemanggilan nama. Tugas orang tua / dewasa adalah memberitaukan kepada anak melewati proses yang ada, dan bertugas sebagai penengah.

Langkah 1 : Mengenal masalah

Orang tua / dewasa harus mengenal jika ada masalah dan memberitahu mereka bahwa ada masalah. Setelah dikasih tahu, mereka bisa berhenti sejenak dan memusatkan perhatian. Jika belum bisa berhenti sebaiknya kita berusaha untuk menghentikan mereka untuk melanjutkan ke langkah berikutnya ini.

Langkah 2 : Memahami masalah

Sebagai penengah, kita harus mendengarkan untuk memastikan bahwa masalahnya sudah dijelaskan dan semua setuju agar membenarkan masalahnya sebelum kita ke langkah berikutnya.

Langkah 3 : Mencari solusi

Kita sebagai dewasa, mungkin bisa melihat solusi masalahnya sebelum anak-anak. Tanyalah kepada apakah mereka mumpunyai usulan sebaiknya bagaimana. Untuk orang dewasa sebenarnya tidak sulit dan ingin cepat-cepat menyelesaikan masalah dan menyarankan solusi kita. kita mencoba untuk mengajarkan proses, jadi berikanlah waktu untuk anak-anak berpikir solusi dan mengevaluasi semua saran sebelum ke langkah berikutnya.

Langkah 4 : Memilih solusi terbaik

Setelah semua setuju bahwa mereka telah mencoba semua solusi yang ada, sekarang waktunya memilih yang terbaik. Jabarkan semua solusi dan biarkan mereka memilih yang terbaik. 

Langkah 5 : Cek ulang untuk memastikan semua berjalan dengan baik

Langkah ini sangat gampang dilupakan. Sangat penting untuk mengulang ke setiap anak untuk memastikan solusinya berjalan dengan baik. Jika tidak, panggil anaknya dan mengulan lagi proses pemecahan masalahnya lagi.

Untuk pertama kali sebagai penengah untuk anak-anak, proses ini akan terasa lama dan formal. Dengan menggunakan lima langkah ini dengan konsisten, anak-anak akan menyadari bahwa langkah ini bekerja dan akan memulai mencoba untuk menyelesaikan masalah dengan sendiri. Walaupun setelah mereka menyelesaikan masalah sendiri, kadang kita harus ikutan juga untuk memastikan prosesnya berjalan dengan lancar.

Komentar

To Top ↑